Feb 16, 2016

Keliyo Jengkol - Salah Satu Masakan Khas Indonesia Terlalu Enak dari Ranah Minang

Halo teman.

Pada tulisan kali ini saya tidak akan share lokasi penjual karena masakan khas kali ini didapat bukan dari rumah makan, jadi tidak ada harga dan lokasi penjual.

Photo Keliyo Jengkol yang diatas diambil sudah cukup lama. Tadi ketemu di sdcard, saya rasa tidak ada salahnya dishare diblog ini. Minimal bisa memeriahkan menu menu terlalu enak yang ada di blog ini.
g
Keliyo, menurut saya pribadi ( kalau salah tolong diluruskan ) berasal dari Ranah Minangkabau ( Sumatera Barat ). Dari segi bumbu, Keliyo ini sama persis dengan bumbu rendang. Bedanya, keliyo dimasak seolah setengah matang / basah sementara rendang dimasak hingga matang berwarna hitam / kering. Ditempat asal saya ( Batusangkar ), rendang itu kering dan berwarna kehitaman. Sementara yang biasa kita temui di Rumah Makan Padang itu adalah Keliyo.

Diatas ada photo Keliyo Jengkol. Belum pernah dengar ada Keliyo Jengkol ya? Ngik
Keliyo ini yang masak etek saya ( Tante ), tapi ada yang kurang. Ini cuma Jengkol saja. Umumnya ada tambahan Ikan Teri. Tapi okelah, mengingat keliyo ini dimasakin etek di ciledug sana dan diantar kebekasi. Jauh kan? Hahaha, etek saya memang top.

Rasanya bagaimana?

Pernah makan semur jengkol? Jengkol balado? Apakah enak?

Kalau enak, Keliyo Jengkol ini jauh lebih enak.

Meski TERLALU ENAK, Keliyo Jengkol ini cukup sulit ditemui dirumah makan padang. Kalaupun ada, paling cuma sesekali. Nah, kalau jarang ditemui, berarti termasuk menu yang anti mainstream dong? Hehe

Keliyo Jengkol ini unik dan tidak terlalu familiar. Yang lebih terkenal itu jengkol balado dan semur jengkol, mungkin itu salah satu alasan kenapa jarang dijumpai.

Sangat disayangkan dengan rasa yang super duper enak tapi dianak tirikan, Uda Uni RM Padang lebih sayang kepada jengkol balado. Hahaha


Romeltea Media
Terlalu Enak Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

Yang ngiler coba komen dulu..


 
back to top