Feb 8, 2016

Teh Talua | Teh Telor Minuman Unik nan Enak Khas Ranah Minang

Minuman Unik Enak Khas Padang
Teh Talua Minuman Unik Khas Minang
Teh Telor ( Teh Talua ) adalah minuman unik yang terlalu enak Khas Minangkabau. 

Teh Talua dipercaya bisa untuk menambah stamina, mungkin karena ada kandungan telor didalamnya. Minuman yang satu ini memang unik, enak dipandang, apalagi diminum.

Bahan baku mudah didapat, proses pembuatan nya tidaklah sulit. Tapi harus diakui, akan lebih nikmat meminumnya saat dilapau ( warung ) daripada dirumah. Aneh? Begitulah.

Terbuat dari campuran gula, kuning telor ( umumnya telor ayam kampung ) yang dikocok sampai berbusa, diseduh dengan air teh panas + segenap susu kental manis. 

Untuk pemilihan teh yang digunakan, menurut saya pribadi, akan lebih enak menggunakan teh merek Goalpara. Kenapa? Karena teh goalpara memili rasa yang khas dan warna yang lebih kental. Menggunakan teh celup sangat tidak direkomendasikan, direbus sekalipun tetap saja encer / tidak kental warnanya.

Disumatera barat, teh talua ini sangat mudah ditemui. Dikedai nasi, warung lontong dll. *Ya iyalah, kan asalnya dari sono*

Diperantauan? Nah ini. Sayang nya gak semua warung nasi padang menyediakan minuman yang satu ini, bahkan dirumah makan yang top sekalipun.

Dijakarta, saya pernah minum di ITC Kuningan, lantai dasar kalau gak salah ingat. Deket AW. Dicililitan juga ada, di warung ketupat sayur disebelah pos polisi lampu merah PGC. Warung Ketupat Suko Mananti, harganya Rp 10.000 / gelas.

Oh iya, bagi yang penasaran, pengen bikin sendiri, saat mengocok telur, sangat tidak disarankan menggunakan sendok. Minimal, kocoklah menggunakan lidi. Pakai mixer juga bisa.

Selamat ngiler.

Romeltea Media
Terlalu Enak Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

Yang ngiler coba komen dulu..


 
back to top